Optimasi SEO Pada Blog

20.28

SEO Untuk Blogger

         Kali ini saya akan berbagi tips cara meningkatkan traffic blog dan website dengan cepat bagi anda yang baru saja memulainya. Usia blog tentu akan mempengaruhi posisi di SERP, selain jumlah artikel yang masih sedikit juga konsistensi sebuah blog dimata Google belum teruji.

Namun tetap saja langkah awal membangun sebuah blog adalah dengan mulai membuat konten yang berkualitas untuk manusia dan algoritma mesin pencari dengan mematuhi aturan dalam menerapkan SEO On Page. Setelah hal tersebut Anda lakukan maka selanjutnya menyusun langkah dan strategi agar blog baru Anda mulai mendapatkan pengunjung.

Baiklah saya akan coba berbagi tips bagaimana sebaiknya kita mengelolanya agar cara meningkatkan traffic blog bisa tersusun dengan baik serta akan terus membaik untuk kedepannya. Harus disadari sebuah blog baru tidak bisa dipaksa untuk bersaing dengan web atau blog yang telah memiliki traffic bagus dan popularitas yang baik.

Adapun beberapa cara atau tips menaikkan traffic blog baru yang pernah diterapkan sebelumnya pada blog lain yang saya kelola adalah sebagai berikut:

Cara Menaikkan Traffic Blog

  • Memanfaatkan serta maksimalkan terlebih dahulu Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainya untuk berbagi (share) link setiap artikel yang baru dipublish.
  • Membuat artikel dengan tingkat persaingan keywords yang rendah pada mesin pencari Google agar lebih mudah dalam melakukan optimasi Off Page. Meskipun hanya sedikit yang mencari informasi tersebut namun apabila berhasil tampil di halaman 1 SERP maka persentase menambah visitor akan sangat besar. Karena percuma saja bersaing dengan pencarian yang banyak apabila tidak berhasil tampil di halaman 1 dan itu sama saja hasilnya Nol (0)
  • Setelah traffic blog mulai stabil meskipun jumlahnya masih kecil, maka mulai tingkatkan persaingan dengan membuat artikel untuk keywords pada persaingan menengah (medium) dan lakukan optimasi hingga blog Anda berhasil tampil di halaman 1 SERP Google. Namun jangan cepat puas dengan hanya 1 artikel saja, buatlah beberapa artikel pada tingkat persaingan ini agar blog Anda semakin solid pada zona ini.
  • Setelah semua artikel Anda bisa tampil di halaman 1 SERP Google dengan tingkat persaingan rendah dan medium, maka Anda akan melihat bahwa traffic blog akan semakin meningkat dan mulai stabil. Dan blog Anda sudah mulai masuk dalam perhitungan algoritma Google mengenai popularitasnya, dan mulailah mencari bahan atau materi artikel dengan tingkat persaingan tinggi (berat).
  • Untuk mulai membuat artikel yang memiliki keywords dengan tingkat persaingan tinggi maka lakukan terlebih dahulu beberapa riset terutama terkait kata kunci, dan untuk cara riset keywords (kata kunci) banyak website yang menyediakan layanan secara gratis.

Pada saat Anda telah menemukan materi yang tepat dan telah menentukan keywords yang akan menjadi target, maka jangan lupa buatlah artikel yang baik dari sisi On Page sebagai pondasi untuk bersaing nantinya di SERP Google. Sekarang saatnya Anda menguji kemampuan dalam melakukan optimasi Off Page agar bisa bersaing untuk tampil di halaman 1 result pencarian, lakukan secara bertahap hingga blog akan mendapatkan popularitas yang akan terlihat natural dan hal itu di sukai oleh Google.. Happy Blogging
Previous
Next Post »
0 Komentar